Strategi pencapaian tujuan program studi dirumuskan dalam bentuk rencana strategis dan rencana operasional program studi dengan mengikuti tahapan waktu yang cukup jelas. Strategi pencapaian tujuan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:
Tujuan I dan III:
- Menghasilkan pendidik madya dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
- Menghasilkan perancang, pengembang, penilai, dan pengawas pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Sasaran:
Menciptakan kualitas pembelajaran yang baik yang dapat meningkatkan prestasi mahasiswa melalui pelayanan yang baik sehingga terciptanya hasil pembelajaran yang optimal, yang ditandai dengan meningkatnya indek kepuasan mahasiswa.
Target dan indikator untuk mencapai tujuan di atas diuraikan dalam tabel berikut.
Tabel 1. Target dan Indikator Tujuan I dan III Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
No | Indikator Kinerja Utama | Target Tahunan | ||||
2018 | 2019 | 2020 | 2021 | 2022 | ||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) |
1 | Meningkatnya rata-rata jumlah perkuliahan yang dilaksanakan | 13 | 13 | 14 | 14 | 14 |
2 | Bertambahnya referensi yang ada di perpustakaan untuk setiap tahunmya | 450 Judul | 500 Judul | 700 Judul | 800 Judul | 1000 Judul |
3 | Meningkatnya jumlah bahan ajar perkuliahan yang dibuat dosen | 4 | 6 | 8 | 10 | 12 |
4 | Meningkatnya rata-rata IPK mahasiswa | 3.50 | 3.55 | 3.60 | 3,65 | 3,70 |
5 | Meningkatnya indek kepuasan mahasiswa terhadap proses perkuliahan dan pelayanan akademik | 3 | 3.5 | 4 | 4.5 | 4.5 |
Untuk mencapai sasaran beserta indikatornya di atas maka dilakukanlah berbagai program berikut:
1. Meningkatkan rata-rata jumlah perkuliahan yang dilaksanakan.
Program ini dilakukan dengan cara memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan sebanyak 2 kali dalam satu semester, yaitu sebelum UTS dan sebelum UAS. Dalam hal ini Sekolah Pascasarjana IPI Garut memiliki standar bahwa UAS bisa dilaksanakan apabila jumlah pertemuan perkuliahan paling sedikit telah 12 kali. Bila belum mencapai jumlah tersebut maka dosen yang bersangkutan diwajibkan untuk dapat memenuhinya.
2. Menambah jumlah referensi yang ada di perpustakaan.
Program ini dilakukan setiap awal tahun akademik dengan terlebih dahulu mengisi daftar buku yang akan dibeli dengan mengacu kepada referensi dari dosen untuk setiap mata kuliah yang diampunya. Daftar buku yang akan dibeli tersebut kemudian diajukan kepada Wakil Direktur untuk mendapatkan persetujuan pengadaannya
3. Meningkatkan jumlah bahan ajar yang dibuat dosen.
Program ini dilakukan dengan cara mendorong setiap dosen untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk slide atau diktat untuk mempermudah mahasiswa dalam menyerap materi yang disampaikan
4. Meningkatkan indeks kepuasan mahasiswa.
Program ini dilaksanakan dengan cara mendorong setiap dosen untuk menerapkan model-model perkuliahan mutakhir serta berusaha untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan akademik kepada mahasiswa. Untuk mendukung program tersebut telah disusun beberapa SOP. Di samping itu, layanan informasi akademik pun dikembangkan dengan berbasis web agar dapat diakses dimana pun oleh seluruh civitas academica.
Tujuan II dan IV:
- Menghasilkan peneliti madya dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
- Menghasilkan wirausahawan bidang pendidikan, bahasa, dan sastra
Sasaran:
Meningkatnya pemahaman civitas academica terhadap teori, kaidah, dan konsep yang berkaitan dengan penelitian bahasa dan sastra Indonesia melalui berbagai kegiatan, di antaranya diskusi internal, seminar, pelatihan, dan jurnal ilmiah. Selain itu sasaran lainnya adalah meningkatnya kemampuan dan kompetensi civitas academica dalam mempublikasikan hasil penelitiannya serta dalam menerapkan hasil penelitian tersebut bagi kepentingan masyarakat.
Target dan Indikator Capaian:
Target dan indikator untuk mencapai tujuan dan sasaran di atas diuraikan dalam tabel berikut.
Tabel 2 Target dan Indikator Tujuan II Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
No | Indikator Kinerja Utama | Target Tahunan | ||||
2018 | 2019 | 2020 | 2021 | 2022 | ||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) |
1 | Meningkatnya rata-rata jumlah perkuliahan yang dilaksanakan | 13 | 13 | 14 | 14 | 14 |
2 | Bertambahnya referensi yang ada di perpustakaan untuk setiap tahunmya | 450 Judul | 500 Judul | 700 Judul | 800 Judul | 1000 Judul |
3 | Meningkatnya jumlah bahan ajar perkuliahan yang dibuat dosen | 4 | 6 | 8 | 10 | 12 |
4 | Meningkatnya rata-rata IPK mahasiswa | 3.50 | 3.55 | 3.60 | 3,65 | 3,70 |
5 | Meningkatnya indek kepuasan mahasiswa terhadap proses perkuliahan dan pelayanan akademik | 3 | 3.5 | 4 | 4.5 | 4.5 |
Untuk mencapai sasaran beserta indikatornya di atas maka dilakukanlah berbagai program berikut:
1. Menambah jumlah buku ajar yang dihasilkan dosen.
Program ini dilakukan dengan cara memfasilitasi dosen dalam mengembangkan bahan ajar berupa buku. Upaya yang dilakukan antara lain dengan memberi bantuan pendanaan, memfasilitas media diskusi di tingkat program studi, serta memberi informasi tentang peluang mendapatkan insentif pendanaan pengembangan buku teks dari Dikti.
2. Meningkatkan jumlah penelitian yang dipublikasikan pada bunga rampai dan jurnal ilmiah di luar IPI, baik nasional maupun internasional.
Program ini didukung oleh IPI dengan memberikan dana bagi artikel ilmiah dosen yang dimuat pada jurnal di lar IPI. Sebagai contoh untuk artikel ilmiah yang akan dimuat pada bunga rampai, didanai dalam hal registrasi, akomodasi, dan insentif.
3. Menerbitkan jurnal ilmiah yang dikelola program studi.
Program ini dilaksanakan dengan cara merancang penerbitan sebuah jurnal berbasis OJS. Namun, hal itu terkendala oleh kurangnya tenaga ahli dan minimnya tulisan yang dihasilkan dosen, Oleh karena itu, program studi mendorong staf administasi untuk menguasai OJS serta mendorong setiap dosen untuk menyampaikan tulisan mereka pada jurnal ilmiah program studi.
4. Meningkatkan jumlah penelitian yang didanai oleh lembaga lain.
Program ini dilaksanakan dengan cara menyampaikan informasi secara rutin kepada dosen mengenai penawaran hibah penelitian dari Dikti dan mendorong dosen untuk mengikuti hibah-hibah penelitian tersebut. Di samping itu, hibah penelitian dari institusi pemerintahan daerah atau institusi lainnya juga ditawarkan kepada tiap dosen, sesuai dengan kompetensinya masing-masing.
5. Meningkatkan frekuensi dosen dalam mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah seperti seminar atau lokakarya baik sebagai peserta maupun pemateri.
Program ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan pengalaman dosen secara lebih luas. Sebagian dari kegiatan ini didanai oleh IPI. Kegiatan tersebut diselenggarakan baik di lingkungan internal maupun eksternal.
6. Meningkatkan jumlah kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan sivitas akademika prodi.
Program ini dilakukan dengan cara mendorong dosen dan mahasiswa untuk aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.
Tujuan IV:
- Menghasilkan wirausahawan bidang pendidikan, bahasa, dan sastra.
Sasaran:
Terselenggaranya pembelajaran inovatif dengan menerapkan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam pendidikan bahasa dan sastra untuk memecahkan masalah pendidikan bahasa dan sastra yang sesuai dengan kebutuhan serta dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) serta berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan
Target dan Indikator Capaian
Target dan Indikator untuk mencapai tujuan dan sasaran di atas diuraikan dalam tabel berikut.
Tabel 3 Target dan Indikator Tujuan IV Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
No. | Indikator Kinerja Utama | Target Tahunan | ||||
2018 | 2019 | 2020 | 2021 | 2022 | ||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) |
1 | Meningkatnya bentuk perkuliahan yang lebih mengedepankan pemanfaatan teknologi | 7 | 10 | 13 | 15 | 17 |
2 | Tersedianya berbagai media pembelajaran mutakhir di prodi | 1 | 2 | 3 | 3 | 3 |
3 | Terselenggaranya perkuliahan dengan praktisi wirausahawan bahasa dan sastra | 1 | 1 | 2 | 3 | 3 |
Untuk mencapai sasaran beserta indikatornya di atas maka dilakukanlah berbagai program berikut:
- Menugaskan dosen untuk mengikuti kegiatan pelatihan pemanfaatan teknologi pendidikan
- Mengusahakan untuk menambah berbagai media pendidikan mutakhir
- Mengundang praktisi kewirausahaan dalam bidang bahasa untuk memberi kuliah pada beberapa mata kuliah yang relevan